SAVE EARTH sTOp Global Warming

Mungkin ini sedikit basi berhubung KTT di Bali yang membahas tentang “global Warming” udah lama berlalu. waktu itu teman-teman pada rame mengampanyekan green peace. Ada yang ngajak ikut join salah satu website, ngajakin nonton "inconvinient truth", posting buletin fakta-fakta pemanasan global dari artikel kompas, sampai ngajakin hitung-hitungan pengurangan emisi dan kertas yang terbuang. di tv slogan "say no to drugs n stop global warming" semakin membuat kita tidak asing dengan pemanasan global. Salut banget dengan teman-teman semua, yang juga menginspirasi saya menulis artikel ini untuk mading kampus.

Dalam Al-Qur’an Allah telah memperingatkan manusia tentang kerusakan alam, lautan yang diakibatkan oleh perbutan manusia sendiri.
"Telah nampak kerusakan di darat dan di laut disebabkan karena perbuatan tangan manusia, supaya Allah merasakan kepada mereka sebagian dari (akibat) perbuatan mereka, agar mereka kembali (ke jalan yang benar)". Katakanlah : "Adakan perjalanan di muka bumi dan perhatikanlah bagaimana kesudahan orang-orang dahulu. Kebanyakan dari mereka itu adalah orang-orang yang mempersekutukan (Allah)." (QS. 30 : 41-42).

Taukah kalian apa-apa saja dampak dari pemanasan global ini?
Diantaranya cuaca yang kian ekstrim, musim hujan yang tidak menentu, kemarau panjang, badai di mana-mana, angin putting beliung, banjir pasang, permukaan air laut yang naik karena es di kutub mencair , dan sebagainya.
Berikhtiar untuk menyelamatkan alam kita bukan perkara yang mesti dikesampingkan. Allah memerintahkan kita untuk tidak lagi berbuta kerusakan
"Dan janganlah kamu membuat kerusakan di muka bumi, sesudah (Allah) memperbaikinya dan berdo'alah kepada-Nya dengan rasa takut dan harapan. Sesungguhnya Allah amat dekat kepada orang yang berbuat baik." (QS. 7 : 56)

Lalu…apa yang bisa kita lakukan?

  1. Ganti lampu pijar ke lampu TL (fuorescent) ato biasa dibilang neon
  2. Kurangi mengendarai kendaraan berbahan bakar bensin dkk. Menggunakan sepeda atau berjalan kaki lebih baik
  3. Cek ban mobil/motor. Ban yang botak, menambah konsumsi bahan bakar.
  4. Kurangi mandi dengan air hangat
  5. Hemat penggunaan kertas dengan memakai kertas pada kedua sisinya
  6. Kurangi penggunaan barang yang memakai wadah sekali pakai.
  7. Tanam sebuah pohon.
  8. Matikan barang elektronikmu jika sedang tidak digunakan
  9. Buang sampah pada tempatnya. Kalo bisa dipisah sesuai jenisnya untuk didaur ulang.

Comments

Popular posts from this blog

Jual Koran Bekas

Bisnis Flexter dan DBS